Wednesday, February 4, 2015

KONSEP PERILAKU KONSUMEN DALAM TAYANGAN DOKUMENTER “CHOCOLATE WAR”



I.                   BUDAYA
A.    Nilai (Value).
Coklat Hershey’s memiliki slogan American Candy Bar. Hershey’s ingin menanamkan nilai ke benak konsumen bahwa coklat Hershey’s adalah coklatnya orang Amerika.
B.     Simbol
Coklat M&M menggunakan 2 tokoh kartun yang ceria yang masih menjadi simbol kuat dari M&M hingga saat ini.
C.     Budaya Populer
Coklat Reese Pieces dari Hershey’s muncul di film E.T. Hershey’s menggunakan media film untuk membantu mengenalkan dan mempromosikan produk barunya.

II.                KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, SOSIAL, DAN EKONOMI KONSUMEN
A.    Usia
Coklat M&M menggunakan 2 tokoh kartun yang lucu dan ceria untuk menarik konsumen anak-anak. Terbukti anak-anak menyukai coklat M&M dan menyukai barang-barang yang bergambar tokoh kartun ini.
B.     Lokasi Geografik
Hershey’s menciptakan Desert Bar. Coklat ini dibuat untuk menyesuaikan kondisi geografik Perang Teluk yang terjadi di gurun. Coklat ini tidak akan leleh hingga suhu 140 ‘C.
C.     Pekerjaan
M&M dan Hershey’s menjadikan tentara sebagai target konsumen terbesar mereka. Mereka berusaha menciptakan berbagai produk yang sesuai dengan kondisi dimana tentara berperang saat itu.

III.             Keluarga dan Rumah Tangga
A.    Peran Ibu dalam mengambil keputusan
M&M memasarkan produknya untuk anak-anak tapi melakukan pendekatan melalui iklan dll menggunakan ibu anak-anak terlebih dahulu karena ibulah pengambil keputusan untuk membeli produk-produk untuk anaknya.
B.     Rumah Tangga Miskin
Milton Hershey mendirikan Hershey’s Industrial School untuk menolong anak-anak dari rumah tangga miskin untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Sekolah ini juga merupakan bentuk dari CSR Hershey’s dan dapat membentuk image perusahaan Hershey’s adalah perusahaan yang baik di benak konsumen.

PENJELASAN IKLAN
1.      Iklan Tolak Angin
Iklan Tolak Angin menggunakan slogan terkenal yang menjadi nilai dari produk ini. Slogan itu adalah “Orang Pintar Minum Tolak Angin”.
2.      Iklan Molto
Iklan Molto menggunakan tokoh-tokoh animasi yang menjadi simbol produk ini yang terbuat dari kain. Tokoh ini muncul di setiap iklan Molto.
3.      Iklan Walls Paddle Pop Begins
Paddle Pop Begins merupakan film animasi yang dimainkan oleh tokoh kartun yang sering muncul di iklan Paddle Pop. Cuplikan film ini juga dimunculkan di iklan Paddle Pop dengan menggunakan es krim Paddle Pop sebagai senjata tokoh tersebut.
4.      Iklan Coca-Cola
Iklan ini menjelaskan bahwa orang kota dan orang desa mengenal dan menyukai produk minuman yang sama yaitu Coca-Cola.
5.      Iklan Walls Dimpi
Iklan ini menyasar kalangan anak-anak dengan cara mengajak anak berimajinasi seperti di dalam iklan.


6.      Iklan Dettol Anti Septik
Iklan ini menggunakan rekomendasi para dokter agar konsumen lebih mempercayai produk ini ampuh membunuh kuman.
7.      Iklan Pino Ice-Cup
Iklan Pino Ice-Cup menggunakan pendekatan para ibu agar membeli es favorit untuk anaknya yaitu Kiko dan para ibu akan dipuji sebagai ibu yang hebat oleh anaknya.
8.      Iklan Layanan Masyarakat Mendukung Kenaikan BBM
Iklan ini menampilkan keluarga dari rumah tangga miskin untuk menyentuh hati masyarakat agar mendukung kenaikan BBM.

0 comments:

Post a Comment