Tuesday, October 6, 2015

Bisnis Proses Tambang Batubara-Mining

1. Aktivitas dimulai dengan penentuan lokasi yang mengandung potensi bahan tambang,    kemudian menganalisa bahan – bahan tambang.

2. Melakukan Interpretasi citra landsat (peta) dan foto udara, pemetaan geologi regional dan peninjauan, serta mengambil sample dan analisa lab.
   
3. Melakukan pemetaan geologi secara lebih spesifik (area penambangan), kemudian membuat parit/ sumur uji dan mengambil sample serta analisa lab.
   
4.    Melakukan pemetaan geologi dan topografi, membuat parit/ sumur uji, pengeboran, mengambil sample dan analisa lab serta melakukan aktivitas geoteknik dan geohidrology
   
5. Menganalisis peta geologi, membuat desain tambang, analisa dampak lingkungan,melakukan pendekatan geoteknik dan geohidrology, mempelajari karakteristik masyarakat,
    membuat perkiraan biaya, mengidentifikasi ketersediaan cadangan dan proses produksi,membuat desain dan perencanaan operasi produksi.
   
6. Melakukan aktivitas OB removal & blasting yang mencakup land clearing, pumping, ripping,blasting, digging, loading
   
7. Melakukan aktivitas coal mining yang mencakupi cleaning dan coal getting

8. Hasil dari aktivitas coal mining yang selanjutnya akan dibawa ke stockpile adalah ROM (Run-of-Mine)coal, memastikan ROM hauling to stockpile.
       
9.    Setibanya di stockpile, selanjutnya melakukan coal processing yang mencakup ROM    weighing/ scaling, ROM stocking, coal crushing dan coal washing.

10. Hasil dari aktivitas coal crushing dan coal washing sudah tidak lagi dinamakan ROM tetapi sudah menjadi product yang siap untuk di stok di mine stockyard kemudian dilakukan
    weighing/ scaling sebelumnya nantinya dibawa ke pelabuhan (port), coal hauling to port   
   
11. Sebelum memasuki area port akan dilakukan coal separation/ proses QA terhadap batubara yang telah berupa produk, proses QA berjalan efektif maka selanjutnya batubara di stok di
    tempat yang dinamakan port stockyard, kemudian siap untuk diproses penjualannya apakah    sampai dengan barge atau vessel.
   
12. Batubara dari stockpile port dialirkan menuju tongkang via conveyor darat terlebih dulu.

13. Batubara yang telah melalui conveyor darat selanjutnya akan melalui conveyor laut untuk    proses coal loading ke tongkang (barge loading).   
   
14. Apabila proses barge loading telah selesai, produk batubara kita kenal dengan coal barging dan apabila proses penjualan dilakukan sampai dengan vessel, proses selanjutnya coal
    barging loading ke vessel via floating crane.
   
15. Selesai


Diagram alur proses penambangan batubara:


0 comments:

Post a Comment